::..SELAMAT DATANG TINGGALKAN KOMENTAR YA..::

Beethoven, Maestro Musik Klasik Yang Tuli

14 Maret 2011

|
Musik klasik pada saat ini oleh sebagian besar masyarakat dianggap sebagai musik yang tidak populer. Hal ini karena musik tersebut cenderung sulit dipahami dan iramanya pun sulit untuk dicerna oleh orang awam.
Irama musik klasik memang berbeda dari kebanyakan aliran musik lain yang cenderung bisa mudah dipahami. Seperti aliranmusik pop atau rock, yang memang pada saat ini memiliki cukup banyak penggemar terutama dari kalangan muda. sebab dua aliran musik ini cukup mudah dipahami dengan bantuan lyrik dalam lagu tersebut.
Inilah yang membedakan dengan musik klasik. Dalam aliran musik ini, tidak dikenal lyrik lagu yang dilantunkan oleh seorang vokalis. Sepanjang musik yang terdengar hanya alunan melody dari berbagai alat musik yang terdengar. Namun berbeda dengan irama musik instrumental yang cenderung datar dan berirama.
Di dalam musik klasik, ritme nada terdengar seperti tidak beraturan dan naik turun. Sehingga bagi mereka yang kurang mengenal musik klasik akan menganggap musik tersebut sebagai musik yang tidak memilikiirama.


Sekilas Tentang Beethoven


Salah satu tokoh musik klasik dunia yang terkenal adalah Beethoven. Karya karya Beethoven dianggap sebagai salah satu mahakarya yang pernah lahir di dunia. Karena musik klasik Beethoven ini mampu menginspirasi banyak aliran musik yang kemudian muncul di era modern.
Lahir dengan nama lengkap Ludwig van Beethoven pada tanggal 17 Desember 1770 di Bonn, Jerman. Pada usia 13 tahun, Beethoven sudah berhasil membuat karya pertamanya. Dan sepanjang karir musiknya dua karya Beethoven yang paling terkenal adalah Symphony kelima dan ke sembilan, serta sebuah lagu piano yang berjudul Fur Elise.
Beethoven adalah salah satu musisi klasik yang sangat unik. Sebab, dirinya adalah pemusik yang justru tidak bisa mendengarkan karyanya akibat ketulian yang diderita sejak usia 31 tahun. Pada usia tersebut, kondisi pendengarannya mulai mengalami gangguan dan menurun akibat penyakit Otoslerosis yang dideritanya. Dan tepat pada usia 37 tahun, Beethoven mengalami tuli total sehingga tidak mampu mendengarkan suara di sekelilingnya.
Namun hal itu tidak menyurutkan semangatnya untuk berkarya. Meski sempat mengalami depresi, namun hal tersebut mampu diatasinya. Bahkan meski didera ketulian, namun Beethoven masih mampu menciptakan komposisi musik klasik seperti Piano Sonata in C Major ‘Waldstein’, Op. 53, Piano Sonata in F Major, Op. 54, dan Piano Sonata in F Minor ‘Appasionata’, Op. 57.
Bahkan pada saat Beethoven sudah dinyatakan tuli total, dirinya sempat menggubah Miss Somenis. Gubahan ini dipersembahkan pada penobatan Pangeran Rudolph sebagai uskup di Olomouc. Gubahan ini dibuatnya pada tahun 1822 dan pada tahun 1824 Missa Somenis berhasil dibawanya ke atas pentas pada saat konser di Wina.
Dan ini merupakan konser Beethoven yang terakhir. Sebab, pada tahun 1826, Beethoven dinyatakan menderita penyakit ginjal yang diawali gejala demam yang sangat tinggi. Penyakit tersebut menggerogoti kesehatannya dan merenggut jiwanya apda 26 Maret 1827.

SUMBER:http://www.anneahira.com/musik-klasik-17073.htm

0 komentar:

Posting Komentar


  • Web
  • Pecinta Musik
  • Followers

    Jam

    You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

    Live Traffic Feed

    free counters

    Tukeran Link

    Killjoy